Template Information

Home » , » Daftar Hewan Langka di Indonesia

Daftar Hewan Langka di Indonesia

Pusat Informasi - Daftar Hewan Langkan di Indonesia
Seperti halnya negara lain, Indonesia memiliki banyak sekali jenis hewan yang tersebar di semua pulau. Sayangnya, beberapa spesies yang masuk ke dalam daftar hewan langka. Hal ini disebabkan oleh terjadinya penurunan populasi hewan-hewan tersebut setiap tahunnya.

Kelangkaan spesies hewan tertentu bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yang paling marak adalah adanya perburuan ilegal oleh manusia. Hewan-hewan yang masuk ke dalam daftar hewan langka ini memang memiliki keunikan dan sering mengundang keinginan manusia untuk memburunya, mengambil bagian tubuhnya untuk kebutuhan (misalnya kulit, tanduk, dll), atau bahkan diperjualbelikan secara ilegal.

Daftar Hewan Langka
Berikut ini adalah beberapa contoh nama hewan langka yang keberadaannya semakin jarang ditemukan karena jumlahnya yang terus menurun.

Badak jawa
Salah satu contoh hewan langka yang populasinya sangat sedikit adalah badak jawa. Dari zaman purba, badak memiliki puluhan macam spesies, namun hingga saat ini tersisa lima spesies yang dua diantaranya terdapat di wilayah Indonesia.

Badak jawa adalah jenis badak paling langka apabila dibandingkan dengan kelima jenis lainnya. Jumlah badak ini sudah sangat sedikit, diperkirakan hanya tinggal sekitar 60 ekor saja.

Macan tutul jawa
Salah satu spesies yang masuk dalam daftar hewan langka adalah macan tutul jawa. Ada pula sebagian orang yang menyebutnya sebagai macan kumbang. Populasi hewan ini tak lebih dari 250 ekor dan diperkirakan akan terus terjadi penurunan.

Binatang ini mendapat predikat kucing terbesar di Jawa setelah harimau jawa mengalami kepunahan. Macan tutul kumbang bisa ditemukan di wilayah Jawa Barat.

Rusa bawean
Di tahun 2006, populasi rusa bawean ini tak lebih dari 300 ekor saja, membuat hewan unik ini masuk ke dalam daftar hewan langka di Indonesia. Habitat hewan rusa ini ada di Pulau Bawean yang masuk dalam Kabupaten Gresik di Jawa Timur.

Menurut data IUCN atau International Union of Conservation of Nature, spesies rusa bawean ini termasuk dalam kategori sangat terancam punah atau critically endangered.


Elang jawa
Dari sekian jenis burung yang hidup di Indonesia, ada beberapa spesies yang juga mulai langka keberadaannya. Salah satu burung yang termasuk dalam daftar hewan langka adalah elang jawa.

Burung yang berhabitat di hutan ini adalah salah satu jenis burung predator/pemangsa yang paling langka di dunia. Di Indonesia, burung ini dianggap sebagai burung nasional karena memiliki kemiripan dengan burung garuda.

Kuskus
Kuskus adalah hewan yang termasuk dalam golongan marsupialia atau hewan yang berkantung. Mereka biasanya ditemukan di Pulau Sulawesi, namun jumlah mereka terus menurun dan mulai langka.

Kuskus atau yang sering disebut kuse ini memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar, panjang tubuhnya hanya sekitar 50-60 cm, ekornya yang sepanjang 50-an cm ini biasanya digunakan untuk berpegangan pada dahan pohon ketika sedang memanjat.

Anoa
Salah satu hewan di Sulawesi yang juga masuk daftar hewan langka adalah anoa. Mereka juga sering disebut sebagai kerbau atau sapi hutan, tapi tubuh mereka berukuran lebih kecil/kerdil. Jumlah anoa di Sulawesi terus menurun dan di beberapa lokasi cagar alam sudah terjadi kepunahan.

Itulah beberapa nama binatang yang masuk dalam daftar hewan langka. Selain hewan-hewan di atas, masih sangat banyak spesies yang langka dan mulai jarang ditemui. Hal ini harus segera dicegah sedini mungkin sebelum hewan-hewan tersebut benar-benar mengalami kepunahan dan bisa merusak keseimbangan ekosistem kita.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment

Sukses Buat Anda